Begini Cara Mencuci Clodi dengan Mesin Cuci Secara Aman

Begini-Cara-Mencuci-Clodi-dengan-Mesin-Cuci-Secara-Aman

Clodi atau cloth diaper atau yang lebih dikenal dengan sebutan popok kain yang bisa dipakai ulang mungkin terdengar akrab di telinga para orang tua maupun calon orang tua. Untuk saat ini begitu banyak pilihan clodi yang dapat Anda gunakan, mulai dari model, warna, hingga bahan kainnya. Pilihan menggunakan clodi sekilas tampak lebih mahal karena harus dibeli langsung beberapa set. Namun, pilihan menggunakan clodi dapat membantu menghemat keuangan Anda. Cara mencuci clodi pun bisa menggunakan tangan maupun mesin cuci. Dengan menggunakan clodi Anda bisa lebih hemat. 

Mencuci Clodi dengan Mesin Cuci 

Ada baiknya jika Anda mengetahui bagian-bagian clodi sebelum melakukan perawatan yang benar. Pada bagian clodi ada yang disebut dengan cover, yang mana bagian ini merupakan bagian luar anti bocor pada popok. Biasanya bagian cover clodi tersedia dalam berbagai motif dan warna yang menarik. 

Kemudian ada yang disebut dengan soaker, yang mana merupakan bagian dalam berdaya serap tinggi. Soaker ini berfungsi menampung kotoran namun tidak bocor. Bahan dasar pembuatannya pun seperti katun, rami, dan bambu. 

Hal terpenting dalam pemakaian clodi ialah bagaimana cara Anda merawatnya agar tetap higienis. Dalam hal ini orang tua harus memastikan clodi si kecil benar-benar bersih sebelum dikenakan kembali. Hal ini tentu untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi Anda. Nah, dalam perawatan clodi ini salah satunya tentu dengan dicuci. Pencucian clodi dapat dengan dikucek atau menggunakan mesin cuci. Cara-caranya akan diuraikan di bawah ini. 

1. Pisahkan Clodi Kotor 

Dalam mencuci clodi menggunakan mesin cuci, Anda harus memastikan dulu kalau clodi kotor terpisah dari pakaian bayi yang lainnya. Artinya clodi harus dicuci secara terpisah dengan pakaian lain. Hal ini untuk mencegah bakteri yang terdapat dalam clodi menyatu dengan pakaian lainnya. Selain itu, memisahkan satu pakaian dengan pakaian lainnya dalam mesin cuci berfungsi agar tidak merusak satu sama lainnya. 

2. Soaker Kotor dan Cover dapat Dicuci Bersama 

Soaker kotor yang telah direndam atau dibilas dapat disatukan kembali dengan cover jika keduanya memang memiliki instruksi perawatan yang sama. Dalam hal ini Anda harus memastikan label perawatannya agar clodi si kecil selalu higienis dan tidak menyebabkan kulit bayi Anda iritasi. Merawat clodi sama halnya dengan merawat bayi Anda terhindar dari berbagai bakteri dan penyakit. 

3. Hindari Memasukkan Clodi Terlalu Banyak 

Cara mencuci clodi selanjutnya ialah tidak memasukkan jumlah clodi yang terlalu banyak ke dalam mesin cuci. Tujuannya tentu agar tidak berjejalan dan mesin cuci dapat membersihkan clodi secara sempurna. Selain itu, tidak memasukkan clodi terlalu banyak dapat menghindarkan clodi dari gesekan satu sama lain. Pada intinya, kalau Anda menginginkan hasil yang sempurna maka jangan memasukan clodi terlalu banyak ke dalam mesin cuci Anda. 

4. Ikuti Label Perawatan 

Merawat clodi dapat dikatakan susah-susah gampang karena setidaknya Anda harus mengikuti label perawatan yang diinstruksikan. Salah satunya dengan memilih siklus cuci air bersuhu 60 derajat celcius untuk clodi berbahan katun. Ada juga bahan clodi lainnya yang mungkin perlu menggunakan air bersuhu lebih rendah. 

Demikianlah cara mencuci clodi menggunakan mesin cuci secara aman. Setelah selesai dicuci, clodi harus memiliki aroma yang harum tanpa bekas deterjen. Selanjutnya keringkan clodi dalam udara yang lebih terbuka yang terdapat sinar matahari. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Posting Komentar

0 Komentar