5 Hal yang Harus Anda Perhatikan saat Terbang pada Masa Pandemi


 
Dalam masa pandemi saat ini, tentu ada banyak tantangan saat Anda harus ke luar daerah menggunakan pesawat. Untuk menghindari ini, Anda dapat menjaga diri dimulai dengan menggunakan boarding pass secara online atau disebut dengan e-boarding pass, seperti pada tiket pesawat Citilink.
 
Saat ini, kesehatan adalah prioritas yang sangat penting dan tidak dapat dinomorduakan. Agar Anda dapat melindungi diri dan orang lain, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan pesawat di masa pandemi ini, yaitu antara lain:
 

1. Membaca Peraturan Dari Bandara dan Maskapai

Bacalah dengan seksama apa saja yang harus Anda lakukan sebelum mengunjungi bandara dan terbang menggunakan pesawat. Bila perlu, buatlah catatan agar tidak lupa ketika Anda telah tiba di bandara.
 
Aturan bandara dan maskapai berubah sejak adanya pandemi Covid-19. Di Bandara Soekarno-Hatta, Anda akan melalui thermal scanner dan thermo gun untuk mengetahui suhu tubuh saat itu.
 
Apabila Anda merasa tidak enak badan, maka kedua alat tersebut akan mengindikasi suhu tubuh Anda. Jika suhu tubuh melebihi 38 derajat celcius akan ada tindakan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Dengan demikian, ketika badan sakit atau merasa flu meski ringan, lebih baik Anda menunda perjalanan.
 

2. Mematuhi Aturan

Patuhilah aturan di bandara dan maskapai agar perjalanan Anda aman. Salah satu aturan tersebut adalah melampirkan hasil deteksi virus corona.
 
Sebaiknya, periksalah menggunakan polymerase chain reaction test (PCR test) atau yang lebih dikenal dengan swab tes karena lebih akurat dalam mendeteksi adanya virus corona di dalam tubuh sebelum dan sesudah naik pesawat.
 
Apabila Anda terpaksa menggunakan rapid test atau hanya membawa keterangan bebas influenza, sebaiknya perketat protokol kesehatan untuk diri sendiri dengan menjaga jarak dengan orang lain minimal dua meter, sering mencuci tangan, membawa hand sanitizer, selalu bersihkan permukaan ketika setelah menyentuhnya, dan memilih tempat duduk pesawat yang jauh dari orang lain. Memperketat keamanan diri sendiri akan melindungi Anda dan orang lain.
 

3. Bertransaksi Online

Lakukanlah transaksi secara online untuk pemesanan tiket pesawat. Setelah itu, Anda dapat melakukan check-in secara online dengan mesin self-check atau web check-in. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengantri yang menyebabkan adanya kontak dengan orang lain.
 
Para pemegang tiket pesawat Citilink yang boarding dan landing di Terminal 3 dapat menggunakan layanan e-ticket dan e-boarding. Dengan demikian, Anda akan lebih aman karena tidak melakukan kontak langsung.
 

4. Menggunakan Alat Pelindung Diri

Lindungilah diri Anda sendiri dan orang lain dengan menggunakan alat pelindung diri yang benar. Pakailah masker dan bawalah cadangan setidaknya dua atau tiga masker. Apabila Anda melakukan penerbangan lebih dari tiga atau empat jam, Anda harus mengganti masker. Mengganti masker juga dapat Anda lakukan ketika masker terasa kotor dan basah.
 
Bawalah face shield untuk melindungi bagian mata dan wajah Anda dari droplets. Selain itu, gunakanlah baju lengan panjang. Anda juga dapat menggunakan topi. Jangan menurunkan masker ketika sedang berbicara dengan orang lain karena berisiko tinggi.
 
Ketika Anda akan makan, pilihlah tempat duduk yang jauh dari kerumunan. Setelah makan, gunakanlah masker yang baru.
 

5. Meminimalisir Bicara

Penyebaran utama virus corona adalah melalui droplets atau percikan dari ludah ketika Anda bicara, bersin, atau batuk. Dengan demikian, Anda dapat meminimalisir bicara, terutama dengan orang lain agar mencegah adanya penularan lewat droplets. Jika Anda harus berbicara, berilah jarak setidaknya satu setengah meter dari lawan bicara.
 
Melalukan perjalanan saat pandemi tentu sangat berbeda dibandingkan dahulu. Untungya, tiket pesawat Citilink sudah dapat diakses secara online sehingga membantu Anda menjaga protokol kesehatan.

Posting Komentar

0 Komentar