Tips Mendidik Anak di Era Milenial Agar Tidak Manja

Tips-Mendidik-Anak-di-Era-Milenial-Agar-Tidak-Manja

Sebagai orangtua yang melahirkan anak di era millennial, Anda tentu mengetahui bahwa mendidik anak-anak masa kini jauh lebih sulit dibandingkan dengan zaman Anda dahulu. Pesatnya teknologi yang berkembang menjadi salah satu faktor mengapa sulit sekali mendidik anak di era millennial. 

Mendidik Anak di Era Milenial 

Agar tidak keliru dalam mendidik mereka dan tidak membuatnya manja, berikut tips mendidik anak di era milenial yang bisa Anda ikuti. 

1. Memberikan Perhatian 

Di era sekarang, banyak orangtua terutama ibu yang lebih memilih bekerja di luar dibandingkan mengurus rumah. Hal ini bukanlah suatu masalah besar apabila Anda tetap memberikan perhatian yang penuh pada si kecil. Tanyakanlah kabarnya melalui telepon atau video call di tengah kesibukan Anda, sempatkanlah juga membuatkannya sarapan atau bekal makan siang agar anak merasa selalu diperhatikan. 

Anda juga bisa mengantarkannya ke sekolah dan sesekali menjemputnya pulang saat Anda memiliki waktu yang luang. Jangan mengabaikannya walaupun Anda sedang lelah selepas pulang bekerja. Bermain dengannya juga bisa mengurangi kelelahan yang Anda rasakan akibat bekerja lho. 

Jika hal-hal tersebut dilakukan, maka komunikasi antara orangtua dengan anak tetap terjalin dengan lancar dan orangtua juga tetap bisa memantau bagaimana tumbuh kembang anak di luar rumah. 

2. Mengajarkan Rasa Tanggung Jawab 


Mengajarkan rasa tanggung jawab sejak dini pada diri anak akan membuatnya tidak bertingkah laku manja. Anda bisa memulainya dari hal-hal kecil terlebih dahulu seperti bertanggung jawab setelah bermain dengan membereskannya kembali, pergi ke sekolah tepat waktu, dan bertanggung jawab untuk meminta maaf jika melakukan kesalahan. 

Dari hal-hal kecil seperti ini, maka anak akan terbiasa untuk melakukan suatu hal secara penuh tanggung jawab dan membuatnya tidak manja. 

3. Keterbukaan 

Di era sekarang, banyak anak yang merasa tidak dekat dengan orangtua mereka sehingga tidak ada keterbukaan dan transparansi antara anak dengan orangtua. Kesibukan para orangtua menjadi salah satu faktor mengapa anak merasa sangat jauh dengan orangtua mereka. 

Anda harus mendidik anak untuk tetap terbuka dan menceritakan segala keluh kesah mereka baik di lingkungan sekolah, pertemanan, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga harus selalu memperhatikan mereka di tengah kesibukan Anda. Tanyakanlah apa saja yang ia lakukan hari ini, bagaimana pelajaran di sekolah, dan sebagainya. Dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti ini bisa memicu keterbukaan anak pada diri Anda. 

4. Jangan Pernah Membohongi Anak 

Perlu Anda ketahui bahwa jangan sekali-kali membohongi anak. Anak akan selalu meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Jika Anda sering berbohong padanya, maka secara tidak langsung itu akan mendidiknya menjadi seorang pembohong karena ia akan merasa hal itu adalah lumrah dan wajar dilakukan karena orangtuanya pun sering berbohong padanya. 

Untuk itu, dalam mendidik anak jangan sekali menanamkan kebohongan-kebohongan pada dirinya. 

5. Hindari Kata ‘Jangan’ 

Penggunaan kata ‘jangan’ seringkali diucapkan oleh orangtua. Tanpa Anda sadari, penggunaan kata ini akan membuat kreatifitas anak tidak berkembang karena telah tertanam bahwa hal itu adalah hal yang sangat negatif dan tidak boleh dilakukan. Pada akhirnya, hal ini akan membuat anak tumbuh menjadi seorang yang penakut dan manja. 

Untuk itu, gantilah kata ‘jangan’ dengan kata-kata lain yang lebih positif. Misalnya ketika anak Anda sedang duduk di lantai, jangan berkata “Jangan duduk di lantai”. Anda bisa menggantinya dengan kata-kata seperti “Duduklah di kursi”. Terdengar lebih positif bukan? 

Itu dia beberapa tips mendidik anak di era milenial agar tidak manja. Ingatlah bahwa perhatian Anda merupakan hal yang penting bagi tumbuh dan kembang anak. Jadi, luangkanlah waktu Anda untuk mengobrol dengannya. Selamat mencoba! 

Posting Komentar

0 Komentar