Lakukan 7 Cara Ini Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Sumber : honestdocs.id

Salah satu ciri SDM unggul adalah mempunyai kecerdasan intelegensi dan emosional. Untuk menghadapi pasar global tidak hanya kecerdasan intelegensi saja yang perlu ditingkatkan tapi juga kecerdasan emosional. Kadin menegaskan bahwa kecerdasan emosional saat ini perlu untuk dikembangkan karena banyak orang cerdas secara otak tapi tidak cerdas emosinya. 

Sebenarnya kecerdasan emosi akan terus meningkat seiring bertambahnya pengalaman dan umur. Namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan emosional. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecerdasan emosional: 

1. Kurangi Emosi dengan Selalu Berpikir Positif 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan emosi adalah mengurangi pikiran negatif. Pikiran yang negatif akan berdampak menimbulkan emosi yang negatif. Oleh karena itu, kamu harus selalu berpikiran positif mengenai semua hal. 

Pemikiran positif akan berdampak pada hati yang selalu merasa senang dan tenang. Tidak hanya itu, ada banyak hal positif yang bisa didapatkan dengan emosi yang positif. Kamu harus selalu ingat apapun yang terjadi pasti ada sisi positif yang bisa diambil. 

2. Berlatih Tenang dalam Menghadapi Semua Kondisi 

Seseorang dikatakan mempunyai kecerdasan emosional yang tinggi adalah ketika bisa tenang dalam menghadapi semua hal. Dalam kehidupan sehari-hari tidak semua hal bisa berjalan sesuai dengan rencana dan perkiraan. Kamu harus sudah siap dengan semua hal yang mungkin terjadi. Ketenangan adalah kunci untuk menghadapi semua masalah. 

Pikiran yang tenang dan jernih akan memudahkan untuk mendapatkan solusi dari setiap masalah yang datang. Selain itu, dengan pikiran yang tenang kamu akan terbebas dari stres dan tekanan yang terkadang dibuat oleh diri kamu sendiri. 

3. Katakan Tidak Jika Memang Tidak Sesuai 

Banyak orang yang merasa takut untuk menolak atau berkata tidak pada hal yang tidak disukai. Mulai sekarang kamu harus berani untuk mengatakan tidak jika memang itu tidak sesuai. Menolak permintaan atau ajakan bukan berarti kamu berbuat jahat kepada orang lain. Jika memang hal itu tidak baik maka kamu harus berani untuk mengatakan tidak. 

4. Berikan Motivasi Untuk Diri Sendiri 

Memberikan motivasi kepada diri sendiri memang tidaklah mudah. Namun dengan cara ini kamu akan lebih bisa mengontrol emosi dan kecerdasan emosimu akan meningkat. Kamu bisa memberikan kata-kata semangat untuk diri sendiri ketika sedang stres ataupun terpuruk. 

5. Ungkapkan Semua Pemikiran 

Untuk meningkatkan kecerdasan emosi ada baiknya kamu mulai untuk mengeluarkan semua pemikiran yang ada di dalam benakmu. Jika kamu belum bisa mengontrol emosi ketika menyampaikan pemikiran maka kamu harus terus berlatih. Latihan bisa dilakukan bersama dengan teman dekat yang sudah memahamimu dengan baik. 

6. Buat Jurnal Emosi 

Jika sulit untuk mengungkapkan semua yang ada di benak kamu maka kamu bisa menulis sebuah jurnal. Jurnal emosi ini bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi diri kamu sendiri. Kamu bisa melihat seberapa sering kamu marah, sedih, dan kecewa. Dengan jurnal ini kamu bisa memperbaiki emosi dan kecerdasan emosi akan semakin meningkat. 

7. Terus Asah Empati 

Sikap empati atau peduli terhadap orang lain sangat diperlukan. Empati bisa diasah dengan cara mendengarkan apa yang dirasakan oleh orang lain. Dengan memahami orang lain tentunya kamu akan bisa mengontrol emosi diri sendiri. 

Kecerdasan emosional tidak hanya dapat mengontrol emosi diri sendiri saja tapi juga dapat mengelolanya dengan baik. Sudah bisa dipastikan jika seseorang mempunyai kecerdasan emosional yang tinggi maka semua masalah bisa diatasinya. Kadin Indonesia akan selalu mendukung segala cara untuk meningkatkan kecerdasan emosional demi mewujudkan SDM yang unggul di Indonesia. 

Posting Komentar

0 Komentar