Cara Perhitungan Kapasitas Energi Listrik yang Benar Sebelum Menyewa Genset


Kebutuhan energi listrik setiap perusahaan tentu berbeda dengan energi listrik rumah tangga. Yang pasti, jumlahnya lebih besar dan membutuhkan cadangan listrik berupa genset. Tak heran jika perusahaan selalu membutuhkan genset untuk menjaga pasokan energi listrik sewaktu-waktu. Bahkan, genset ini juga diperlukan untk memenuhi kebutuhan listrik secara optimal. Disamping itu, penting untuk memilih kapasitas genset yang tepat selain tempat rental genset terpercaya. Sebab, pemilihan kapasitas genset yang tepat akan memberikan banyak manfaat, diantaranya mencegah kegagalan sistem, mencegah shutdown tiba-tiba, memudahkan perawatan genset, dan menjaga performa mesin genset biar lebih halus dan tahan lama. 

Masalahnya, bagaimana cara menghitung kapasitas energi listrik yang benar? Berikut ini beberapa panduan lengkapnya untuk Anda. Pertama, pertimbangkan lokasi industri atau perusahaan Anda. Ketahuilah, lokasi industri sangat berpengaruh dalam hal penentuan jenis genset yang akan digunakan. Sebab, lokasi industri yang sulit dialiri listrik konvensional, sudah pasti akan memerlukan jenis genset dengan kapasitas yang lebih besar sebagai pemasok energi listrik utama. Disamping itu, akses jalan menuju lokasi industri juga memengaruhi dimensi genset yang bisa digunakan. Jadi, penting untuk berkonsultasi terhadap perusahaan persewaan genset sebelum memilih kapasitas yang tepat. 

Cara kedua, analisis kebutuhan genset untuk industri atau perusahaan Anda. Memang, ketersediaan genset ini menjamin pasokan listrik yang tak akan kekurangan. Namun, tidak semua industri membutuhkannya untuk dijadikan sumber aliran listrik cadangan, melainkan pemasok utama listrik industri. Nah, jika genset digunakan sebagai sumber energi listrik utama, pastikan kapasitas yang diplih lebih besar dari kebutuhan. Sebab, genset tidak diperbolehkan untuk digunakan dalam waktu lebih dari 30 menit pada kapasitas maksimum. Sebagai perkiraan, berikan margin kapasitas genset sebesar 20-30 persen supaya kinerja genset bisa optimal dalam mengalirkan listrik. Disamping itu, cara ini bisa memperpanjang usia genset dalam penggunaan jangka waktu lebih lama. 

Setelah membaca ulasan di atas, pasti sudah terbayang berapa kapasitas genset yang dibutuhkan untuk penuhi kebutuhan energi listrik perusahaan Anda. Jika masing bingung, bisa konsultasikan kebutuhan listrik Anda dengan kapasitas genset yang sesuai dengan perusahaan Sewatama.

Posting Komentar

0 Komentar