Perbaiki Posisi Tulang Belakang Dengan 5 Olahraga Ini


Spondilolistesis ialah keadaan saat salah satunya bantalan tulang belakang berubah ke depan hingga menutupi tulang di bawahnya. Tulang belakang yang berubah karena spondilolistesis memang bisa memunculkan ngilu hebat, tetapi bukan bermakna keadaan ini dapat menghambat Anda dari jalani olahraga. 

Sebaliknya, olahraga malah bisa menolong memudahkan ngilu serta melakukan perbaikan tempat tulang belakang. Tetapi, pertama kali, yakinkan Anda tahu type olahraga yang pas buat keadaan badan Anda. 

Pasien spondilolistesis harus menghindarkan olahraga dengan pergerakan yang memberi desakan penambahan pada pinggang. Contohnya, angkat beban, gimnastik, dan renang persaingan. 

Berikut beberapa macam olahraga yang aman buat pasien tulang belakang berubah: 

1. Berjalan kaki 

Berjalan kaki adalah satu bentuk therapy fisik yang dianjurkan buat pasien spondilolistesis. Ini karena disebabkan berjalan kaki terhitung dalam barisan olahraga aerobik intensif mudah dengan efek ngilu pinggang yang minimum. 

Diluar itu, berjalan kaki memberi faedah seperti berikut: 
  • Menguatkan otot punggung, pinggang, betis, serta kaki 
  • Tingkatkan kelenturan badan serta melakukan perbaikan postur 
  • Merangsang saluran darah ke arah tulang belakang 
  • Menguatkan tulang serta menahan hilangnya massa tulang 

2. Berenang enjoy 

Renang enjoy bukan sekedar berperan jadi olahraga, dan juga therapy buat orang dengan tulang belakang yang berubah. Terdapatnya daya apung air sangat mungkin Anda untuk menurunkan desakan pada tulang belakang sekaligus juga melatih semua otot badan. 

Waktu tulang belakang meregang, beban pada bantalan antartulang belakang akan ikut menyusut hingga pinggang terlepas dari rasa ngilu. Buat kurangi efek luka, pilih style berenang yang tidak menyertakan banyak putaran badan. 

3. Yoga 

Beberapa gaya yoga nyatanya berguna untuk memperhatikan kesehatan tulang belakang. Pose-pose ini bisa menguatkan otot-otot penting pada punggung. Otot punggung yang kuat dapat meredam berat badan lebih baik hingga ngilu akan menyusut. 

Gaya yoga yang dianjurkan buat pasien spondilolistesis diantaranya downward facing dog, child’s gaya, triangle gaya, serta cat and cow gaya. Buat Anda yang tertarik jalani olahraga ini, yakinkan Anda mengawalinya dengan gaya yoga untuk pemula serta dengan pelatih yang tepercaya. 

4. Bersepeda 

Bersepeda ialah olahraga intensif sedang yang cukup aman buat orang dengan tulang belakang berubah karena spondilolistesis. Bersepeda sangat mungkin Anda melatih badan tak perlu memperoleh banyak desakan pada pinggang. 

Olahraga ini juga termasuk gampang, bisa sesuai berdasar potensi, dan baik untuk melatih kemampuan serta stamina. Jadi, faedahnya bukan sekedar akan berasa pada tulang belakang, dan juga semua badan Anda. 

5. Olahraga dengan elliptical trainer 

Elliptical trainer ialah mesin yang menyatukan treadmill serta sepeda statis. Alat ini mensimulasikan langkah kerja beberapa type olahraga aerobik, seperti berjalan kaki, lari, mendaki tangga, sampai ski. 

Ada keunggulan elliptical trainer yang tidak dipunyai oleh olahraga lain, yaitu kurangnya beban pada tulang belakang. Alat ini mempunyai pedal yang direncanakan demikian rupa untuk menahan desakan pada kaki pemakai hingga tulang belakang masih aman. 

Olahraga untuk beberapa orang dengan tulang belakang yang berubah pada intinya ialah olahraga dengan efek luka yang mudah. Olahraga itu harus juga dapat melatih badan dengan efisien dengan beberapa gerakan yang simpel. 

Sepanjang Anda pilih type olahraga yang pas, spondilolistesis bukan kendala untuk masih aktif bergerak. Justru, olahraga akan menolong dalam melakukan perbaikan bentuk tulang belakang serta menurunkan ngilu pada ruang itu.

Posting Komentar

0 Komentar