5 Jenis Antioksidan dan Macam-macam Jenis Makanan yang Mengandungnya


Badan dengan alami akan membuahkan radikal bebas jadi zat sampah dari metabolisme. Meskipun begitu, kandungan radikal bebas bisa bertambah jika badan seringkali terkena radiasi atau zat beracun yang ada pada asap rokok, polusi, pestisida, sampah pabrik, atau makanan olahan yang memiliki kandungan pengawet. 

Di bawah ini ialah beberapa macam anti-oksidan berikut makanan yang kaya kandungan anti-oksidan itu: 

1. Flavonoid 

Flavonoid ialah sekumpulan zat kimiawi yang banyak diketemukan pada buah, sayur, dan akar tumbuhan. Flavonoid mempunyai karakter anti-oksidan yang bisa mencegah dampak radikal bebas dan kurangi peradangan. 

Beberapa studi mengatakan jika konsumsi makanan tinggi anti-oksidan yang memiliki kandungan flavonoid bisa menahan penyakit jantung, kanker, stroke, dan diabetes. Walau demikian, masih diperlukan riset selanjutnya untuk menunjukkan dampaknya dengan klinis pada manusia. 

Flavonoid terdapat banyak pada minuman atau makanan tinggi oksidan, seperti teh, coklat hitam, kacang kedelai, dan buah serta sayuran, terhitung apel, jeruk, mangga, jambu, sirsak, bayam, serta brokoli. 

2. Antosianin 

Antosianin adalah zat warna yang yang memberi warna merah, ungu, oranye, hijau, serta biru pada tumbuhan. Zat ini terhitung dalam kelompok anti-oksidan flavonoid. 

Antosianin dipercaya bisa menahan tersumbatnya pembuluh darah, penyakit jantung, kanker, diabetes, masalah metabolisme, dan menolong menantang infeksi. Senyawa ini kelihatan baik untuk pelihara kesehatan otak, saraf, serta mata. 

Beberapa macam makanan tinggi anti-oksidan yang memiliki kandungan antosianin diantaranya tomat, anggur, delima, ketan hitam, kacang merah, serta buah berikan. 

3. Beta karoten 

Karakter anti-oksidan pada beta karoten baik untuk pelihara kesehatan mata, kulit, serta organ reproduksi, dan jaga ketahanan badan supaya kuat menantang infeksi. Di pada tubuh, beta karoten akan diproses jadi vitamin A. 

Sejumlah besar anti-oksidan beta karoten bisa diketemukan dalam buah-buahan serta sayuran yang berwarna merah, jingga, atau kuning. 

Contoh makanan tinggi anti-oksidan yang banyak terkandung beta karoten ialah wortel, ubi, labu, tomat, bikin bit, semangka, paprika, serta cabai. Tetapi, ada banyak sayuran hijau yang memiliki kandungan beta karoten, seperti bayam, brokoli, serta kacang polong. 

4. Likopen 

Beberapa orang mungkin konsumsi suplemen yang memiliki kandungan likopen untuk memperhatikan kesehatan tubuhnya. Walau sebenarnya, likopen bisa didapat dengan gampang. Triknya dengan konsumsi buah atau sayuran yang berwarna cerah, seperti tomat, semangka, jeruk bali, jambu merah, serta pepaya. 

Anti-oksidan likopen ini mempunyai beberapa manfaat yang diakui baik untuk kesehatan badan, seperti menahan penyakit kanker (terhitung kanker kanker prostat), membuat perlindungan kulit dari kehancuran karena paparan cahaya matahari, jaga peranan otak serta kesehatan mata, dan menguatkan tulang. 

Meskipun begitu, klaim faedah likopen jadi penyembuhan masih butuh ditelaah selanjutnya. 

5. Polifenol 

Polifenol diakui mempunyai banyak faedah, seperti turunkan kandungan gula darah, kurangi efek penyakit jantung, diabetes, stroke serta kanker, memperhatikan kesehatan skema pencernaan, serta pelihara peranan otak. 

Anda dapat memperoleh beberapa faedah itu dengan konsumsi makanan atau minuman tinggi polifenol, seperti teh, kopi, cokelat hitam, anggur, buah berikan, brokoli, wortel, bayam, kacang kedelai, kecambah, kayu manis, cengkih, jahe, serta jinten. 

Tidak hanya beberapa macam anti-oksidan di atas, ada pula mineral dan vitamin yang mempunyai karakter anti-oksidan, salah satunya vitamin C, vitamin E, selenium, serta zinc.

Posting Komentar

0 Komentar