6 Tips Memulai Usaha Sampingan

6-Tips-Memulai-Usaha-Sampingan

Banyak orang yang ingin mulai merintis usaha, tapi tidak tahu mulai dari mana. Ide bisnis sudah ada, modal usaha pun sudah siap. Nyatanya, memulai usaha memang tidak semudah itu. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa memulainya. Cuma dibutuhkan keberanian untuk segera memulai dan mengambil risiko yang ada. Terlebih lagi jika kamu statusnya sebagai seorang karyawan yang ingin buka usaha sampingan

Tips Memulai Bisnis untuk Usaha Sampingan 

Daripada bingung, coba simak dulu tips memulai bisnis untuk usaha sampingan berikut ini. 

1. Merencanakan ide bisnis dengan matang 

Tips yang pertama, rencanakan ide bisnis dengan matang. Merencanakan bisnis hanya dalam angan-angan bukanlah sebuah perencanaan yang matang. Kamu perlu menuangkannya di atas kertas agar semuanya tampak. 

Dengan menuliskannya, kamu akan ingat setiap detail yang kamu tulis. Kamu pun bisa dengan mudah menambahkan beberapa bagian yang kurang atau mengganti hal-hal yang dianggap kurang cocok. Kalau semua ide bisnis itu hanya dalam angan-angan, bagaimana bisa kamu mengevaluasinya? 

2. Sesuaikan ide bisnis dengan kondisi dan kemampuan 

Tips yang kedua, sesuaikan ide bisnis dengan kondisi dan kemampuan kamu. Kamu bebas memiliki ide bisnis dengan konsep apapun. Namun selalu sesuaikan dengan kondisi dan kemampuan yang kamu miliki. 

Kalau kamu memiliki modal yang terbatas, kamu sebaiknya tidak memiliki ide bisnis dengan modal yang sangat besar. Kamu bisa mengganti ide tersebut dengan usaha sampingan bermodal kecil namun memiliki prospek yang baik. Boleh saja meminjam modal ke bank atau ke teman dan saudara, tapi kan belum ada yang menjamin kalau bisnis kamu bisa sukses dan balik modal. 

Selain menyesuaikan dengan modal yang kamu miliki, kamu juga sebaiknya menyesuaikan bisnis yang kamu pilih dengan jadwal kerja dan preferensi bisnis. Pilih yang paling memungkinkan untuk dijalani tanpa mengganggu pekerjaan utama. 

3. Fokus pada satu bisnis 

Tips yang ketiga, fokus hanya pada satu bisnis. Salah satu penyakit yang cukup sering dialami oleh pebisnis pemula adalah tidak fokus. Mereka tidak tahu bisnis jenis apa yang ingin mereka rintis. Yang ada, mereka hanya ikut-ikutan dan memiliki terlalu banyak keinginan untuk menjalankan semua jenis usaha sekaligus. Padahal satu saja belum terealisasi. 

Fokus dulu pada satu jenis usaha yang kamu pilih. Berikan perhatian yang lebih dan lakukan evaluasi. Kalau bisnis kamu sudah sukses, kamu bisa merambah ke peluang usaha yang lain. 

4. Gunakan digital marketing 

Tips yang keempat, gunakan digital marketing. Di era globalisasi saat ini, digital marketing memiliki peranan yang penting bagi keberlangsungan sebuah usaha. Kamu bisa beriklan di sosial media dan platform digital lainnya, mulai dari yang gratis hingga yang menerapkan tarif mahal. Metode ini terbukti efektif untuk menarik konsumen terutama jika usaha kamu menyasar kalangan anak muda. 

5. Perluas koneksi 

Tips yang kelima, perluas koneksi. Semakin banyak teman dan kenalan yang kamu miliki, akan semakin baik bagi perkembangan usaha kamu. Kamu akan semakin mudah memasarkan usaha yang kamu miliki. 

Selain itu, kamu juga bisa meminta tolong kepada mereka untuk bantu memasarkan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Nantinya, kamu bisa memberikan balas jasa yang sesuai kepada orang-orang yang telah membantu. 

6. Jangan lupakan pekerjaan utama 

Tips yang kelima, tetap menomorsatukan pekerjaan utama. Karena dalam hal ini bisnis menjadi usaha sampingan kamu dari pekerjaan utama sebagai karyawan kantoran, kamu tidak boleh melupakan pekerjaan utamamu. Jangan sampai pekerjaan utama menjadi keteteran karena urusan bisnis ini. 

Kemampuan manajemen waktu yang baik sangat diperlukan di sini. Kamu harus bisa membedakan waktu yang boleh untuk memikirkan bisnis, dan waktu yang tidak boleh memikirkan bisnis. Kalau sudah masuk kantor, jangan bawa urusan bisnis ke dalamnya. 

Nah, itulah enam tips bagi kamu yang berniat memulai usaha sampingan. Memiliki bisnis sampingan itu baik, apalagi jika kamu niatkan sebagai bekal di masa pensiun nanti. Rencanakan dengan baik agar bisnis yang kamu rintis bisa sukses dan bertahan dari para pesaing. Optimis boleh saja, tapi jangan sampai kamu menyepelekan proses yang harus dilalui. Bisnis yang sukses tidak dibangun dalam satu malam, butuh perjuangan dan kegagalan yang harus diterima.

Posting Komentar

0 Komentar