Mesin Cuci Juga Wajib diBersihkan, Agar Tidak Jadi Sarang Bagi Bakteri


Meskipun seringkali terserang sabun, mesin pencuci sebetulnya adalah habitat baik buat beberapa type mikroba, seperti bakteri. Sejumlah besar bakteri pada mesin pencuci datang dari baju kotor. Bila mesin pencuci tidak teratur dibikin bersih, beberapa mikroba ini bisa berkembang biak serta mengakibatkan penyakit. 

Beberapa type bakteri pada mesin pencuci kotor 

Baju kotor yang ditempatkan pada mesin pencuci umumnya sudah terkontaminasi oleh beberapa bakteri, virus, serta jamur yang datang dari lingkungan. 

Mesin pencuci sendiri mempunyai karakter yang lembap serta hangat. Keadaan ini pasti benar-benar pas untuk bakteri pada mesin pencuci berkembang biak. 

Ada beberapa type mikroba yang menempati mesin pencuci. Mencuplik satu riset yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Microbiology, berikut beberapa bakteri yang ada di mesin pencuci kotor. 

1. Staphylococcus (staph) 

Dengan alamiah, bakteri Staphylococcus hidup di permukaan kulit serta hidung. Bakteri ini bisa beralih dari kulit ke baju, lalu pada mesin pencuci. 

Banyaknya bertambah bersamaan menumpuknya baju, khususnya bila mesin pencuci dibiarkan kotor. 

Infeksi staph berlangsung saat bakteri masuk ke pada tubuh lewat kulit yang terluka. Beberapa orang dengan skema kebal badan lemah beresiko alami keadaan ini. 

Infeksi bahkan juga bisa bersambung jadi permasalahan kulit, misalnya: 

  • Bisul berisi nanah 
  • Selulitis (infeksi pada susunan kulit yang lebih dalam) 
  • Impetigo (infeksi kulit menyebar yang diikuti dengan ruam ngilu) 
  • Staphylococcal scalded skin syndrome (ruam serta cedera lepuh karena toksin yang di produksi bakteri staph) 

2. Escherichia coli (E. coli) 

Bakteri E. coli sebetulnya berguna untuk menghasilkan vitamin K2 dalam pembentukan feses. Tetapi, partikel feses yang memiliki kandungan bakteri ini dapat mengontaminasi baju kotor yang ada di mesin pencuci tanpa ada diakui. 

Bakteri ini selanjutnya masuk ke badan lewat mulut. Beberapa macam bakteri E. coli bisa membuahkan toksin dalam skema pencernaan. 

Keadaan ini akan menyebabkan penyakit pada aliran cerna seperti diare, sakit perut, mual serta muntah, sampai infeksi usus. 

3. Corynebacterium 

Corynebacterium ialah bakteri normal yang ada pada kulit, aliran pernafasan, serta aliran pencernaan. Sejumlah besar spesies Corynebacterium tidak mengakibatkan penyakit, tetapi ada beberapa spesies yang lain yang didapati mengakibatkan penyakit difteri. 

Bakteri ini bisa beralih ke baju serta tumbuh subur pada mesin pencuci yang kotor. Infeksinya termasuk jarang-jarang, tetapi orang yang skema imunnya lemah harus waspada sebab lebih rawan pada infeksi. 

4. Propionibacterium 

Kulit Anda pun adalah rumah baik buat propionibacterium. Bakteri ini berkembang biak dalam lingkungan yang banyak terkandung minyak, contohnya folikel rambut pada kulit muka. 

Bakteri ini dapat juga Anda jumpai pada mesin pencuci yang jarang-jarang dibikin bersih, alias kotor. 

Propionibacterium dalam jumlahnya berlebihan bisa menginfeksi folikel rambut, menyebabkan reaksi peradangan, serta pada akhirnya memunculkan jerawat. Jerawat yang tercipta umumnya berupa papula (tanpa ada nanah) atau pustula (berisi nanah). 

5. Pseudomonas 

Bakteri pseudomonas hidup serta berkembang biak di lingkungan lembap dan berair. Itu penyebabnya, bakteri ini berkembang biak secara baik pada mesin pencuci kotor. 

Ditambah lagi bila Anda seringkali menumpuk baju kotor serta lembap dalam tempo lama. 

Infeksi pseudomonas umumnya tidak punya pengaruh besar buat orang sehat. Tetapi, mereka yang menanggung derita penyakit akut atau mempunyai kebal badan lemah beresiko alami tanda-tanda, seperti ruam serta jerawat berisi nanah. 

Beberapa bakteri dalam mesin pencuci yang kotor sebetulnya bisa diketemukan dengan alamiah pada badan Anda. Bakteri-bakteri ini baru menginfeksi saat skema kebal badan melemah atau Anda terkena langsung. 

Langkah paling baik untuk menahan kerancuan dengan menghalangi perkembangan bakteri. Bila Anda teratur memakai mesin pencuci satu minggu sekali, membersihkan mesin pencuci Anda tiap bulan. 

Jika Anda memakai mesin pencuci cuma kadang-kadang tiap bulan, membersihkan mesin pencuci Anda tiap beberapa waktu sekali. Pakai air panas serta pemutih baju untuk memberantas tiap kuman.

Posting Komentar

0 Komentar