Sakit Perut Setelah Makan Pedas, Begini Cara Mengatasinya


Mengonsumsi makanan pedas buat beberapa orang bisa memunculkan rasa sakit serta sensasi melilit pada perut. Untungnya, ada cara-cara gampang yang bisa Anda kerjakan untuk menangani perut sakit sesudah makan pedas. 

Langkah menangani perut sakit sesudah makan pedas 

Rasa sakit pada perut sesudah makan pedas dipacu oleh senyawa kimia yang disebutkan capsaicin. Molekul senyawa ini berikatan dengan reseptor saraf yang menghantarkan signal ngilu ke arah otak. 

Untuk menahan iritasi karena capsaicin, dinding lambung menghasilkan lendir spesial. Bila kebanyakan atau sering makan pedas, paparan capsaicin akan membuat lendir spesial itu tidak begitu ampuh membuat perlindungan hingga memunculkan rasa sakit pada perut Anda. 

Cara-cara yang bisa dipakai untuk menangani perut sakit sesudah makan pedas diantaranya: 

1. Minum air rebusan jahe 

Jahe sudah lama diketahui jadi bahan alami untuk menangani permasalahan perut. Senyawa antiradang pada jahe dipercaya bisa memudahkan aduan sakit perut, perut kembung, diare, mual serta muntah, sampai irritable bowel syndrome (IBS). 

Bahan pangan ini bisa dikonsumsi dalam bermacam-macam. Anda dapat mencampurkannya dengan teh, mengkonsumsinya berbentuk suplemen, atau mengolahnya lewat cara yang paling simpel, yaitu di rebus. 

2. Minum teh chamomile 

Teh chamomile mempunyai senyawa yang bisa menurunkan peradangan, merangsang pengeluaran gas, serta merilekskan otot aliran pencernaan. 

Oleh karenanya, teh chamomile diakui jadi satu diantara langkah yang bisa menolong menangani sakit perut sesudah makan pedas. 

Kadang, sakit perut dapat makin bertambah kronis sebab makanan pedas mengakibatkan produksi asam lambung bertambah. Teh chamomile bisa menolong menahan ini dengan turunkan produksi asam lambung. 

3. Memakai kompres hangat 

Kompres hangat memang tidak menangani sakit perut dengan cara langsung. Tetapi, sensasi hangat yang Anda alami akan mengubah Anda dari rasa sakit serta melemaskan otot-otot aliran pencernaan. 

Anda bisa memakai kain lap yang dibasahi air hangat, botol berisi air hangat, atau heating pad. Lekatkan pada perut waktu sakit mulai berasa, tetapi jangan memakainya kelamaan supaya kulit iritasi. 

4. Konsumsi minuman dan makanan pelarut capsaicin 

Satu diantara langkah paling baik untuk menangani perut sakit sesudah makan pedas dengan hilangkan sebabnya, yaitu capsaicin. 

Untuk kurangi dampak capsaicin pada badan, Anda butuh konsumsi minuman dan makanan yang bisa melarutkannya. 

Capsaicin larut dalam lemak. Jadi, Anda bisa melarutkannya dengan susu full-fat, yogurt, selai kacang, atau dikit minyak zaitun. Roti serta nasi tidak dapat meleburkan capsaicin, tetapi kedua-duanya dapat menyerap senyawa ini secara baik. 

5. Minum kombinasi lemon serta madu 

Bila makan pedas membuat Anda sakit perut, coba untuk minum kombinasi lemon serta madu. Kombinasi ini dapat menurunkan pedas pada mulut. 

Madu memiliki kandungan butiran gula alami yang menyerap capsaicin, sesaat lemon yang berbentuk asam bisa menetralisasi capsaicin lewat cara mengikat molekulnya. Tetapi, hati-hatilah bila Anda mempunyai penyakit lambung. 

Cara-cara di atas bisa menolong Anda menangani perut sakit sesudah makan pedas. Namun, makan pedas terlalu berlebih tidak dianjurkan sebab bisa memunculkan efek periode panjang pada lambung. 

Bila rasa sakit pada perut Anda tidak menyusut, selekasnya kontrol diri Anda ke dokter. Keadaan ini mungkin mengisyaratkan masalah kesehatan serius yang memerlukan perlakuan selekasnya.

Posting Komentar

0 Komentar