Tips Renovasi Rumah Tanpa Ribet



Semakin banyak anggota keluarga atau keadaan tertentu bisa saja membuat Anda untuk mulai memikirkan renovasi rumah. Merenovasi rumah tentu membutuhkan biaya yang bisa dikatakan tidak sedikit. Anda harus menyiapkan beberapa dana yang tidak sedikit demi untuk menempati rumah yang nyaman. Tapi pada kenyataannya, mayoritas orang masih enggan untuk merenovasi rumah mereka.

Ketika telah muncul niat untuk merenovasi rumah, bukan tidak mungkin terbayang betapa ribetnya karena berbagai hal yang rumit. Dan tidak jarang juga masalah baru muncul ketika renovasi rumah sudah mulai berjalan, sehingga membuat Anda harus mengeluarkan biaya yang ekstra.

Dalam merenovasi rumah memang diperlukan persiapan yang matang. Anda perlu menyiapkan anggaran dan merancang konsep yang diinginkan untuk tampilan hunian Anda yang baru. Semakin banyak yang Anda bongkar atau renovasi, maka biaya yang Anda keluarkan pun juga semakin banyak. Padahal sebenarnya Anda bisa membuat anggaran renovasi rumah menjadi lebih murah.

Jika Anda ingin merenovasi rumah, simak beberapa persiapan yang harus dilakukan berikut ini ketika akan melakukan renovasi rumah.
  • Tentukan waktu ketika akan melakukan renovasi rumah, terutama kondisi cuaca. Misalnya, jika sedang musim hujan, sebaiknya Anda tidak merenovasi rumah, karena hal ini akan membuat pekerjaan semakin menghabiskan banyak waktu karena cuaca yang lembab dan dingin.
  • Sebaiknya renovasi rumah saat musim kemarau, karena akan semakin cepat selesai. Karena hal ini berhubungan dengan biaya, semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk pengerjaan, maka biaya yang Anda keluarkan juga akan semakin banyak.
  • Tentukan bagian rumah mana yang akan direnovasi. Disarankan untuk tidak merenovasi semua bagian rumah, karena kembali lagi, hal tersebut berkaitan dengan anggaran yang akan Anda keluarkan. Tentukan terlebih dahulu hanya sebagian atau seluruhnya.
  • Pilih kontraktor atau tukang renovasi rumah yang terpercaya. Kontraktor atau tukang biasanya menawarkan harga yang lebih murah dan dengan pengerjaan waktu yang relatih lebih cepat.
  • Selain itu, biaya yang akan dikeluarkan juga bisa Anda percayakan kepada kontraktor. Namun, Anda tetap harus berhati-hati, jangan sampai meskipun harga yang ditawarkan murah, tetapi hasilnya kurang sesuai dengan keinginan.
  • Jangan buang barang lama Anda. Barang-barang tersebut masih bisa digunakan. Mayoritas orang memang lebih memilih membuang barang lama dan menggantinya dengan barang yagnbaru untuk rumah yang sudah direnovasi.
Tetapi jika hal ini Anda lakukan, akan membuat anggaran yang Anda keluarkan akan meledak. Sebaiknya pilih barang mana yang masih layak pakai, lalu gunakan barang kembali barang tersebut.


Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin terhindar dari keribetan melakukan renovasi rumah. Sebelum merenovasi sebaiknya pertimbangkan hal-hal yang bisa saja terjadi saat renovasi sedang berlangsung. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Posting Komentar

0 Komentar