Tips Jitu agar Visa Schengen Anda Tidak Ditolak

Bagi orang Indonesia yang mempunyai bujet lebih, Eropa menjadi destinasi liburan luar negeri yang populer. Hampir semua traveler memasukkan Benua Biru ini ke dalam bucket list mereka. Saat berpergian ke luar negeri khususnya ke Eropa, dan Amerika, visa menjadi dokumen paling penting bagi Anda.

Membuat visa juga tidak semudah yang dibayangkan, karena beberapa traveller Indonesia juga pernah ditolak pengajuan visanya. Banyak alasan yang diberikan, dari mulai dokumen tidak lengkap, hingga bukti buku tabungan yang tidak mencakup biaya hidup di negara tersebut.

Nah, jika benua Eropa menjadi tujuan Anda jangan lupa membawa Visa Schengen. Visa ini merupakan salah satu dokumen yang dapat memudahkan Anda mengunjungi 26 negara di Eropa. Negara-negara yang bisa dimasuki dengan visa ini termasuk Belanda, Belgia, Denmark, Prancis dan Italia.

Visa Schengen merupakan jaminan untuk para wisatawan yang berkunjung ke Eropa bahwa selama di sana hidupnya akan terjamin. Oleh karenanya, untuk membuat visa Schengen ini butuh sekali dokumen-dokumen lainnya sebagai syarat utama. Bagi Anda yang ingin traveling ke Eropa, sebaiknya perhatikan dulu tips dibawah ini agar visa diterima, dan juga prosesnya lancar.

Bank Account

Bank account atau rekening koran merupakan salah satu syarat yang harus Anda penuhi agar visa Schengen tidak ditolak. Dalam persyaratan dijelaskan bawah Anda harus melampirkan rekening koran setidaknya selama 3 bulan terakhir. Dalam rekening Koran ini harus ada keterangan bahwa Anda memiliki cukup dana untuk melakukan kunjungan ke Eropa.

Masing-masing negara tentu memiliki nominal yang berbeda-beda. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi agar visa Schengen tidak ditolak, pastikan jumlah dana di tabungan Anda tidak kurang dari jumlah yang ditentukan. Pastikan uang tersebut telah mengendap selama minimal 3-6 bulan. Jika tidak, maka secara otomatis syarat visa Schengen yang Anda ajukan akan ditolak.

Kurang Teliti Isi Dokumen

Usahakan Anda teliti dalam mempersiapkan dokumen-dokumen sebagai salah satu syarat visa Schengen dan juga jangan sampai salah menulis form pengajuan visa. Jangan sampai dokumen yang disertakan dengan data tidak sama sehingga menimbukan rasa kecurigaan dari pihak kedutaan yang bisa menyebabkan visa ditolak.

Interview Session

Setelah dokumen untuk syarat visa Schengen telah lengkap, Anda akan mengikuti tahapan selanjutnya adalah interview session. Jangan merasa aman dulu jika dokumen Anda telah lengkap karena tahapan ini juga memiliki pengaruh penting sebagai penilaian seseorang dalam membuat visa Schengen.

Agar visa Schengen tidak ditolak, Anda harus bisa dan tahu ke mana saja nantinya Anda akan berkunjung dan berapa lama Anda tinggal di sana. Semua hal itu harus sudah Anda pahami dan ketahui sebelum mengajukan visa Schengen.

Record Visa Sebelumnya

Record Visa sebelumnya bisa menjadi salah satu faktor mengapa visa ditolak. Contoh, Anda sebelumnya pernah tinggal secara illegal di luar Eropa, ini sangat menjadi alasan mengapa visa ditolak. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak memiliki record yang buruk agar visa Schengen tidak ditolak.

Kenaikan SaldoTiba-tiba

Jangan sampai Anda menaikan saldo secara tiba-tiba yang hanya membuat kecurigaan pihak kedutaan. Pasalnya, saldo besar ditabungan belum dapat menjamin Anda untuk lolos mendapatkan visa Schengen. Agar visa Schengen tidak ditolak Anda harus memiliki tabungan yang mengendap selama 3-6 bulan sebelum pembuatan visa Schengen.

Punya rencana liburan ke Eropa? Pastikan Anda memiliki asuransi perjalanan sebagai salah satu syarat pengajuan visa Schengen.

Posting Komentar

0 Komentar