Lumpia Vietnam, Varian Lumpia yang Mendunia Meski Tanpa Digoreng


Makanan Vietnam dikenal sebagai salah satu makanan terlezat dan tersehat di seluruh dunia. Banyaknya penggunaan sayur serta cara pengolahan rebus atau panggang membuatnya tergolong sehat. Salah satunya adalah lumpia Vietnam. Varian lumpia ini cukup unik karena dibuat tanpa digoreng dan rasanya enak sehingga selalu diburu penikmat kuliner.

Seperti makanan Jepang, makanan Vietnam lumayan populer di banyak negara. Mudah menemukan restoran Vietnam di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Salah satu sebabnya karena makanan Vietnam tergolong makanan sehat karena menggunakan banyak sayuran serta dimasak rebus atau panggang.

Salah satu makanan khas Vietnam adalah lumpia Vietnam atau Goi Cuon. Berbeda dengan lumpia pada umumnya yang digoreng, lumpia Vietnam dibuat tanpa dimasak. Bagian dalamnya pun sangat sehat karena terdiri dari selada, kecambah, bihun, seledri dan udang.

Kecambah dan bihun digulung ke dalam selada. Gulungan selada bersama udang dan seledri kemudian digulung ke dalam rice paper. Tentunya rice pepper ini dibasahi dulu ke dalam air agar lebih lunak. Setelah selesai digulung lumpia Vietnam disantap bersama saus kacang atau saus ikan.

Saus kacangnya sendiri juga termasuk sehat karena dibuat dari selai kacang, saus hoisin, bawang putih, cuka, sambal serta susu atau air. Adonan kemudian diaduk dan dipanaskan dalam microwave selama 20 menit.

Kepopuleran lumpia Vietnam membuatnya menjadi salah satu makanan Vietnam yang paling laris dipesan di restoran Vietnam. Kepopuleranya juga membuatnya dibuat dalam berbagai variasi isi mulai dari udang, daging babi, daging sapi atau hanya sayuran bagi para vegetarian dan vegan.

Seporsi lumpia Vietnam atau goi cuon dihargai mulai 50.000 dong atau sekira Rp25.000 seporsi (3-5 buah lumpia). Lumpia Vietnam juga sangat mudah dibuat sendiri karena cara pembuatannya sangat praktis, cepat serta bahannya mudah diperoleh di supermarket.

Posting Komentar

0 Komentar